Wednesday, December 26, 2012

4 KEBIASAAN BURUK Dalam Mengelola Uang

Setiap orang bisa memiliki kebiasaan buruk dalam mengelola uang dan kadang mereka tidak menyadarinya. Coba saja simak beberapa kebiasaan buruk berikut ini, apakah Anda memilikinya juga?
“Saya tidak tahu ke mana uang saya”
Coba ingat lagi, berapa kali Anda pernah mengatakan hal seperti itu? Ini merupakan salah satu kesalahan yang biasa dialami banyak orang. Kecenderungannya adalah Anda tidak pernah memperhatikan pengeluaran, sekecil apa pun itu, dan akhirnya ketika di pertengahan bulan Anda merasa uang menipis tanpa tahu pergi ke mana.

“Saya tidak suka membuat bujet”
Lihat lagi poin di atas, mungkin salah satu alasan Anda tidak tahu ke mana perginya uang Anda karena memang Anda tidak pernah membuat bujet. Salah satu keuntungan membuat bujet, misalnya untuk kebutuhan pokok, belanja, dan kebutuhan mendadak, adalah Anda bisa tahu berapa banyak uang yang akan dipakai.

“Tapi ini barang terbaru”

Saat ini, Anda sering dibombardir dengan segala macam penawaran tentang barang terbaru. Apakah itu gadget dengan teknologi paling baru, busana tren terbaru, atau apa pun. Masalahnya, apa yang terbaru itu belum tentu Anda butuhkan. Jika ini yang sering terjadi, Anda harus bisa memilah-milah lagi keinginan belanja tersebut, benarkah karena kebutuhan atau hanya sekadar keinginan sesaat.

“Saya yang traktir”
Sesekali mentraktir teman, memang tidak masalah, apalagi jika ada acara khusus seperti ulang tahun atau kenaikan jabatan. Tapi jangan juga menjadikannya kebiasaan, terutama jika sebenarnya Anda sedang berhemat atau mengalami masalah finansial.

Sumber

No comments:

Post a Comment